Selasa, 28 Oktober 2014

Karakteristik Perkembangan



PRKEMBANGAN FISIK, KOGNITIF, DAN PSIKOSOSIAL
  1. MASA BAYI & MASA TOODLER
Perkembangan fisik
Perkembangan fisik bayi pada dua tahun pertama berlangsung sangat ekstensif. Pada saat lahir, kepala bayi sangat besar dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Tubuhnya bergerak terus menerus dan sering kali susah dikendalikan. Bayi memiliki reflek yang didominasi oleh gerakan-gerakan yang selalu berkembang. Dalam waktu 12 bulan, bayi dapat duduk, berdiri, membungkuk, memanjat, dan berjalan. Kemudian ditahun kedua, petumbuhan fisiknya melambat, akan tetapi perkembangan seperti memanjat dan berjalan justru berlangsung  cepat.
Perkembangan fisik dan mental, yang sama pentingnya. Anak yang memiliki perkembangan fisik yang sehat, maka akan mempengaruhi kesehatan mental atau psikologisnya. Seperti peribahasa mengatakan, bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Demikian pula sebaliknya, kondisi kesehatan fisik yang buruk pasti akan berdampak kurang baik bagi kesehatan psikologis anak.
1.      Tinggi dan Berat badan
2.      Gigi3.      Tulang Belulang4.       Ukuran Kepala5.      Pertumbuhan Otot, .      Perkembangan Otak
  1. MASA USIA-SEKOLAH
  2. MASA REMAJA
  3. MASA DEWASA MUDA
  4. MASA DEWASA TENGAH
  5. MASA DEWASA TUA
Dengan tidak bermaksud membatasi rentang usia secara kaku, dapat dikatakan bahwa secara teoritis-psikologis dan fisiologis rentang usia antara 40 - 60 tahun merupakan masa tengah baya bagi banyak orang. (Mappiare 1983 : 173)



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar